Sumber : tim webmaster jatim

Website PLN Distribusi Jatim adalah situs online dimana PT. PLN Dis jatim dan pelanggan bisa berbagi informasi dan berinteraksi dengan mengajukan dan menjawab pertanyaan atau keluhan tentang berbagai produk layanan dan info korporat PLN, mulai dari yang bersifat santai dan menyenangkan hingga informasi yang penting dan formal. Pedoman ini berguna untuk membantu Anda dalam berperan aktif untuk membuat website PLN ini menjadi komunitas yang aman dan kaya pengetahuan serta interaksi yang baik antara PT PLN dis Jatim dengan pelanggan. Kami berharap tiap anggota dapat bersikap penuh integritas, jujur, dan hormat, dan menggunakan Website PLN dis JATIM berdasarkan pedoman ini.

Pelanggaran terhadap Pedoman Komunitas ini bisa mengakibatkan dihapusnya posting komentar atau keluhan atau lainnya tanpa adanya peringatan. Dalam kasus ekstrem, pelanggaran mungkin mengakibatkan ban ip anda dari keikut sertaan partisipasi dalam interaksi di website PLN dis Jatim.

Demi alasan keamanan, anak-anak di bawah usia 13 tahun tidak diperbolehkan ikut serta dalam interaksi di website PLN dis Jatim.

website ini bergantung pada setiap anggota untuk membantu menjaga website PLN dis Jatim sebagai tempat yang aman, menyenangkan, dan positif bagi semua orang.

PEDOMAN BERPERILAKU YANG BAIK DALAM KOMUNITAS

Bagilah pengetahuan Anda.

Website PLN dis Jatim dibangun berpondasikan partisipasi dan pengetahuan dari orang-orang seperti Anda. Banyak orang yang memerlukan pengetahuan, opini atau pengalaman pribadi Anda. Jadi, bagilah pengetahuan Anda.

Bersikap santun.

Website PLN dis Jatim adalah komunitas yang terdiri dari berbagai macam orang dengan opini yang beragam. Segalanya terletak pada diri kita masing-masing untuk bertindak santun dan saling menghormati.

Menjadi anggota komunitas yang baik.

Jika Anda melihat konten yang istimewa, berikan partisipasi anda. Jika Anda melihat penyalahgunaan, laporkan. Sebelum menulis apa pun, tanyakan ke diri Anda apakah kontribusi Anda akan menjadikan komunitas menjadi lebih bagus dan lebih bernilai. Anda berperan penting dalam membangun Website PLN dis Jatim.

Ungkapkan dengan jelas.

Sampaikan pertanyaan Anda secara singkat dan jelas, periksa ejaan serta struktur kalimat - hal ini membantu orang lain menemukan pertanyaan Anda dan Anda juga mendapatkan jawaban yang lebih baik.

CONTOH PERILAKU BERKOMUNITAS YANG BURUK

Melampiaskan frustasi, menggembar-gemborkan sesuatu, atau menggunakan kata-kata yang bersifat membenci orang lain

Website PLN dis Jatim bukanlah tempat untuk melampiaskan frustasi pribadi atau gembar-gembor tentang suatu masalah. Kita adalah komunitas orang-orang yang memiliki kepercayaan, pendapat, dan latar belakang yang berbeda-beda, jadi kami berharap Anda dapat saling menghormati dan menyingkirkan rasa benci dan komentar yang tidak baik dari Website PLN dis Jatim.

Chatting atau sebaliknya melanggar format diskusi atau tanya-jawab.

Menggunakan Website PLN dis Jatim sebagai tempat untuk melampiaskan rasa frustasi Anda, menggembar-gemborkan sesuatu atau sejenisnya, melanggar format pertanyaan dan jawaban. Bila Anda lebih senang berdiskusi atau chat dengan orang lain, anda bisa menggunakan fasilitas chat dari website lain.

Bersikap kasar dan cabul

Karena anak-anak dengan usia minimal 13 tahun sudah boleh berpartisipasi di Website PLN dis Jatim, maka bahasa dan gambar-gambar yang vulgar dan cenderung seksual tidak diperbolehkan. Ejekan, hinaan, makian dan kata-kata kasar lainnya juga tidak diperbolehkan. Bila Anda tidak ingin mengucapkannya di depan umum, maka jangan sebutkan itu di Website PLN dis Jatim.

Mengeksploitasi komunitas

Website PLN dis Jatim adalah tempat untuk mendapatkan pengetahuan seputar PLN, bukan tempat untuk mendapatkan pelanggan, teman kencan, atau menaikkan kunjungan pada halaman web Anda. Bila Anda memiliki banyak pengalaman dalam suatu bidang, mempunyai hobi khusus, memiliki usaha sendiri, atau bila Anda adalah mitra pengetahuan, Anda boleh memberikan link ke situs web Anda, blog, atau alamat email Anda pada jawaban yang memang baik dan sesuai topik agar komentar atau pendapat menjadi lebih baik. Namun, Anda tidak boleh meletakkan link yang tidak berhubungan dengan topik atau yang memang jelas-jelas hanya bermaksud mengajak orang lain untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Melanggar hukum

Website PLN dis Jatim tidak kebal hukum, jadi jangan mengirim segala sesuatu yang melanggar hukum yang berlaku di negara, negara bagian, provinsi, atau kota Anda. Jangan mencoba untuk mengecoh orang lain sehingga mereka membagikan informasi pribadi mereka, mencuri sesuatu (seperti material merek dagang atau hak cipta), atau menerobos daerah yang tidak seharusnya Anda masuki. Jangan mengancam, melecehkan, menyamar, atau melukai yang lainnya, dan jangan mengganggu privasi orang lain.

Bertindak merusak

Jangan mengirim link-link yang menuju ke situs yang mengandung virus atau program merugikan atau yang dapat mempengaruhi pengoperasian Website PLN dis Jatim.

Menyalahgunakan Website

Jangan melakukan trolling karena akan melanggar pedoman yang ada atau Ketentuan Website PLN dis Jatim. Jangan memposting tulisan yang sulit dipahami atau menggunakan bahasa yang salah, dan jangan mengajukan pertanyaan yang sama berulang kali.

Bertindak tidak baik

Bertanggungjawablah dan jangan salah dalam menggambarkan diri Anda, mengakui hal atau keahlian yang bukan milik Anda atau memberi jawaban yang dapat membahayakan orang lain. Jangan menghasut atau mendukung tindakan kekerasan atau berbahaya.

Kami berhak mengubah pedoman ini sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

46 komentar untuk "PEDOMAN BERKOMUNITAS"



bagus banget...STUJU..!

setuju,ini demi terjalinnya komunikasi dan koordinasi yg baik antara PLN dg pelanggan.

sipp

YA SE7

yang g baek tapi itu merupakan fakta yaa harus tetep di ungkap dong......
sehingga yg gak baek tadi bisa jadi baek....

Asal jangan yg tdk baek di biarkan bahkan ditutupi.....pasti bauuu

yuli hartanto
upj ngantang sampai kapan menerima pembayaran kolektif, ppob percuma dong

yoyokhartoyo
saya setuju ama mbak indah.gak ada salahnya orang komplain selama dalam batas2 kesopanan.dan selama ini yang saya monitor,jarang tuch konsumen sampai memaki pln,atau menghujat..lebih banyak komplain yg diterima membuat kedewasaan dan kemajuan bagi kepentingan bersama.bukan begitu pak...03160482965

Mohon bantuan agar saya bisa mudah balik nama pelanggan! Caranya gimana ya ? Ada yg bisa bantu ? Domisili saya di Krian Sidoarjo

Rachmanto
Salut responnya atas keluhan pelanggan,tapi harus ada tindak lanjutnya dong masak hanya datang aja tanpa pasang meter katanya saya harus jadi pelanggan yg baik alias tdk nyolong,..jadi kapan dong..?

yoyokhartoyo
no.antrian saya masih 924 di papan PLN rungkut,terus saya harus nunggu sampai kapan ya supaya meter saya terpasang,padahal biaya pasang 2,3jt udah lunas...nasib nasib.03160482965

mohammad maksum
Bagaimanapun saya sangat setuju dgn PLN, karena sebenarnya kita sudah banyak keuntungan dengan subsidi PLN, masak ada masalah sedikit aja, sudah gak bisa nyapaikan dengan baik

wah, memang betul. kami dukung, pak! sudah saatnya, kita budayakan bebas bertanggung jawab, betul nggak? betul,kan.

salam buat mas wawan di up dukuh kupang "salam persaudaraan"

hai pak ansori saya angga nur yang tugas di skj dulu sekarang sya bersekolah di pandaan untuk mendapat ijaza smk yang harus menurut prosedur di kantor apj jatim..,.,.
ANGGA NUR PRASTYO

Heri Widodo
setuju pak. kita kan orang indonesia terkenal dengan sopan santunnya.

kaya'nya dengan adanya PPOB membuat masyarakat jadi bingung!!
dan menjadikan masalah menjadi runyam!!
kaya'nya lebih enak sistem yang dulu!!
dan dengan sistem yang baru ini hanya menjadikan orang yang kaya semakin kaya dengan harta orang yang miskin.
dan menjadikan tunggakan semaki besar!

mas darwan klu sistim yg dulu ya ketinggalan jaman . . . sekarangkan jaman internet komputerisasi

mas darwan klu sistim yg dulu ya ketinggalan jaman . . . sekarangkan jaman internet komputerisasi

disini tertulis pedoman untuk posting ... tapi kok ndak ada aturan atau pedoman untuk menjawab pertanyaan atau keluhan pelanggan ya ... ? apakah saya harus setiap hari melakukan cek posting agar tau pertanyaan saya sudah diajawab atau belum ... terimakasih

EDI MARTONO
BENAR BUNG AMIER, KAYAKNYA KURANG SATU NIH YAITU FORUM TANYA JAWAB,SEHINGGA PELANGGAN MENEMUKAN SALURAN YANG PAS SELAIN DI FORUM KELUHAN PELANGGAN.

btul, btul, btul....


forum tanya jawabnya mana bosss...bila ada kan akhirnya pln dekat dihati masayrakat jatim khususnya rakyat indonesia... takenteni...
Buat Pak Haryono, untuk tanya jawab kami telah sediakan form keluhan pelanggan yang berada dihalaman depan website ini. Silahkan mengirim pertanyaan dan pilih Area Pelayanan yang sesuai dengan rumah bapak. terimakasih
Tgl. Jawab : Sab, 06 Feb 10[15:55]

tolong dibenahi sistem pembagian kwh meter supaya merata tiap kontraktor listrik.

iya saya sangat setuju

fajari said
OK top banget... klo boleh nanya gmana bisa jadi downline pembayaran listrik, sorry mungkin salah kamar

GMNA PAK PLN GELURAN PELAYANANNYA LMA BGT......Thanks

PLN ditipu mau2 aja.dari 10 outlet cafe "RS" di SBY cm separo yang listriknya normal, yg separo lagi nyuri dari dulu.tapi ga pernah ketahuan n gapernah diusut sama PLN. mana keberpihakan PLN?apa dg uang akhirnya tdk ada kasus?????

cari info biaya keterlambatan naik

Kami Pel. Prabayar,beli token ke PPOB 5 lokasi, kog jawaban semua sama, lg ERROR Server_PLN tdk bisa cetak. smtra d kwh udah Habis. Moodar Aq...gara2x gk ada token 4 kolom pembibitan lele ludes gk menetas ...uasem PLN. mungkin SERVER murahan ya Pak PLN

Joko tomo
Bravo pln, saya bru pny rncna untk menjadi downline pln,supaya masyarakt sktar sya bsa byar lbh dkat. .

nOVI gRESIK
Tolong Pak PLN....kalo mencatat meteran yang betul... masak rumah belum ditempati sudah kena tagihan banyak...gak masuk akal...

wiyono alwi
mohon anda gunakan tiap forum sesuai dg topiknya shg gk salah kamar,gini sj q coba sbisanya mngkin sedikit membantu:1)untuk jd downline PPOB silakn hub.bank2 yg sdh ada krjsm dg PLN,bukan PLN langsung.2)PPOB justru meluaskan loket pembayaran PLN,berbasis web.klo ada yg berpendapat keenakan penyelenggara PPOB silakn jd penyelenggara PPOB biar ikut merasakn hasilya,semua terbuka gk ada pilih kasih untuk jd penyelenggara,asal bisa & mampu OK.3)untuk permasalahan tagihan tolong catat relevan/gak angka kWh di struk sm di meter & pelajari meter anda ikut tarif apa?klo gk relevan baru komplin.4)untuk melihat anda calon pelanggan PLN urutan antre brp bs di masing2 UPJ.lain2:trim"s atas infonya.salam!(CV YUANA NGANJUK)

mohammad tauchid
Apakah benar akan dibangun tower PLN untuk SUTET melalui tempat tinggal kami di JL. Pacarsari Kelurahan Manisrejo Kec. Taman Madiun ? Karena dibelakang rumah kami kok sudah tersedia tanah yang dibeli PLN ?

SAYA MINTA JAWABAN JUJUR DAN TERBUKA DARI PLN

1. APA FUNGSI PETUGAS BACA METER YANG BAWA BARCODE...?
2. APA YANG TERBACA BARCODE, METERNYA APA CUMA DATA PELANGGAN SAJA...?
3. SEKARANG KARTU METER TIDAK BERFUNGSI SEMESTINYA, ADA APA...?

SAYA MINTA ADA JAWABAN JUJUR DAN TERBUKA

bagaimana cara mengetahui tagihan listrik secara kolektif ? permasalahannya ditempat kami jauh dari jangkauan, jadi kalau secara kolektif itu lebih efektif. thanks

penerangan jalan di depan pesantren kami biasanya terang hari-hari ini padam. kok dari petugas pln tidak ada yang perbaiki ya pak! lapornya ke bagian apa ya..........
Pada Pak Muhaimin, untuk lampu penerangan jalan adalah menjadi tanggung jawab pemda setempat. Dalam hal ini dinas pertamanan. Terimakasih
Tgl. Jawab : Kam, 24 Jun 10[09:18]

mhn info utk pembyran tghn listrik bln Juli (area sby sel)kan jatuh tempo tgl 10 stp blnnya, namun saat byr tgl 12 juli sdh muncul denda Rp 3000,- (kondisi tgl 10 Juli tgl merah hari sabtu, tgl 11 minggu, tgl 12 hari efektif kerja/ senin). trims

maju terus PLN indonesia tingkatkan mutu mu,maksimalkan kinerjamu, biar TDL g naik ganti bahan bakarmu ke tenaga GAS BUMI dan atau tanaga cahaya matahari.

Tdl Naik Pencurian Naik.
Kemana saya harus melapor...??
Area kami Sedayu Gresik.
Mohon Info selengkapnya..
Sound System ijin pesta 125rb 2hari apa wajar. ambil jalur atas..
Mohon dijawab secepatnya.. atau ke email saya..


PLN SUDAH BERBENAH DIRI DAN PEDULI KAPAN KITA MEMANFA'ATKAN KESEMPATAN TERSEBUT DI ERA YG SERBA CEPAT.UNTUK MASYARAKAT DAN APARAT, SALAM SATU JIWA " AREMA "

setia budi
sesuatu yg tujuannya baik itu akan jadi baik jika disampaikan dengan cara yg baik, tp bila disampaikannya dg keburukan hasilnya pun akan bisa jd buruk

berapalamakah untuk mengaktifkan meteran listrik prabayar, dan berapakah biaya sambungan baru untuk listrik prabayar tersebut

pak saya mau tanya,saya pelanggan baru dan pln saya dah nyala kemarin yang saya tanyakan apa bisa saya pindah ke listrik prabayar kalau bisa biayanya berapa?sebelumnya terima kasih

tinggalkankomentar anda

Very happy Smile Sad Surprised Shocked Confused Cool Laughing Mad Razz Embarrased Crying or very sad Winking
Exclamation Question Idea