Internal SPPD/ESS SiteMap
PLN Wiki | Web Versi Lama

Layanan Prabayar Minimalkan Keluhan Pelanggan

Dari Media 29 Comments
Sumber : Suara Karya

Layanan listrik prabayar akan menuntaskan hingga 99 persen permasalahan yang selama ini dikeluhkan pelanggan. Untuk itu, seperti dikatakan Direktur Utama PT PLN (Persero) Dahlan Iskan, upaya migrasi seluruh pelanggan pascabayar ke sistem prabayar yang menggunakan token ini akan terus dilakukan.

Demikian disampaikan Dirut PLN Dahlan Iskan saat menghadiri peluncuran percontohan kawasan pelanggan listrik prabayar di Desa Seruni Sidoarjo, Jumat (5/2) malam. Dia kemudian menyebutkan permasalahan terkait pencatatan meteran listrik PLN, keluhan pencurian listrik, dan tingginya tunggakan pelanggan. Dengan sistem prabayar, pelanggan akan lebih nyaman, sebab tidak ada lagi ancaman pemutusan sambungan karena terlambat membayar tagihan.

Dahlan Iskan juga memastikan peningkatan kualitas layanan listrik PLN yang menjamin tidak ada lagi pemadaman listrik, khususnya di Jawa dan Bali. "Pasokan listrik di Jawa-Bali sebenarnya surplus hingga 30 persen," ucapnya.

Lebih jauh Dahlan menjelaskan, selain petugas dari kerja sama operasi (KSO), PLN juga akan mengandalkan petugas sendiri untuk menangani keluhan pelanggan. "Kalau semuanya diserahkan ke KSO dengan perusahaan swasta, maka personel PLN justru semakin jauh dengan pelanggan," tuturnya.

Sementara itu, GM PLN Distribusi Jatim Sulastyo mengatakan, layanan prabayar dimulai sejak September 2009 di rumah-rumah dinas PLN. Selanjutnya meluas ke rumah karyawan PLN. Layanan ini dipasarkan untuk umum mulai Desember 2009. Untuk mempermudah sosialisasi, Desa Seruni dijadikan kawasan percontohan. "Dari 9.644 pelanggan di desa ini, 8.600 pelanggan sudah menikmati sistem prabayar," ujarnya.

Di tempat terpisah, dari Tegal dilaporkan, PLN akan mengurangi jumlah subsidi untuk pelanggan kalangan atas berdasarkan kebijakan pemerintah. Namun, pemerintah dan PLN tidak berencana untuk menaikkan tarif dasar listrik (TDL) dalam waktu dekat ini. "Pemerintah belum menaikkan TDL, tapi kemungkinan dilakukan pengurangan subsidi listrik kepada pelanggan berdaya 6.600 volt ampere ke atas. Pelaksanaannya dimulai Februari 2010 ini," kata Asistan Manajer Pemasaran dan Niaga Perusahaan Listrik Negara (PLN) Yunarsih.

Kebijakan ini dilakukan guna menekan beban subsidi listrik dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2010, sekaligus juga mengusung penghematan. Selanjutnya subsidi hanya diberlakukan untuk pelanggan kelas menengah ke bawah. Dia menambahkan, selain pengurangan subsidi, pembayaran rekening listrik yang melebihi batas waktu setiap tanggal 5 hingga 20 juga akan dikenakan sanksi denda.

29 komentar untuk "Layanan Prabayar Minimalkan Keluhan Pelanggan"

Teknologi membawa korban.
Membiayai HIDUP RAKYAT dianggap pemborosan, sehingga diputuskan membiaya Teknologi (PHK). Sementara teknologi masih didominasi oleh kepentingan asing. Betul-betul keputusan yang menyakitkan, keputusan yang tidak pro rakyat, keputusan yang TIDAK PERLU DILANJUTKAN....

lanjutkan terus listrik prabyar....

Untuk masalah KSO memang harus ditangani sendiri.. tetapi real nya di Unit2 SDM PLN defisit...

Untuk Pelanggan R2 keatas seharusnya tidak lagi di berikan subsidi karena tergolong wilayah mampu...

Maju terus PLN....

Untuk persaratan2 ser.ta biaya2 untuk berlangganan listrik prabayar gimana pak?? mohon kirim ke email di cakwin@ymail.com soalnya nyari2 disini gak ada.
Serta. tarif.2nya apa sama seperti yang paska bayar??

Mohon pecerahanya

Teknologi listrik Pra Bayar memang sebagai solusi terbaik bagi PLN dalam meningkatkan pelayanan namun bener-bener sangat disayangkan begitu kita membaca sosialisasi Listrik Pra Bayar terpampang dikoran-koran, ironisnya begitu pelanggan mau Migrasi lha kok gak bisa dilayani katanya untuk sementara hanya dilayani bagi pelanggan-pelanggan tertentu dan berkelompok. Bagaimana to PLN ini karepe.... kok seperti dagelan aja

Prabayar Vs Menyala, sama2 OK koq...

saya ingin migrasi dari pasca ke prabayar, utk malang (sawojajar) infonya kemana? Wasss

Untuk listrik Pra Bayar atau Listrik non Pra Bayar bagi minem sama saja dan tidak ada masalah karena tiap bulan bayarnya juga tepat waktu alias tidak pernah terlambat. justru kalau minem ganti listrik yang ke Pra Bayar malah susah, habis jauh dari Bank Bukopin, jauh dari kantor Pos, jauh dari Bank BNI atau BRI, pokoknya jauh dari tempat penjualan Token lah. tapi minem tetap mendukung PLN dengan adanya program listrik Pra Bayar karena untuk mengurangi tunggakan pada pelanggan. yang penting pesan dari saya PLN jangan diswastakan. sebab pengguna listrik PLN ini kalangan orang orang paling bawah sampai orang orang paling atas. Maju PLN. Amin3

kalau pikiran2 kayak gito dikembangkan terus, kapan majunya indonesia........lha lpb juga juga mendidik orang lebih mandiri, lebih bisa mengatur prioritas keuangan, belajar lebih bertanggung jawab, belajar bijaksana menggunakan energi. ya begitu kalau melihat masalah kelistrikan dengan kacamata kuda. kudanya kuda lumping pula......

Kumbakarna
Listrik prabayar?Ok banget, shg kita bisa mengalokasikan dana.Bisa belajar manajemen keuangan di keluarga.Yang lebih penting lagi PLN juga harus terus belajar supaya LISTRIK TAK SERING GANGGUAN,KRN PEDIIIIH RASANYA KALAU LISTRIK MATI.JAYALAH PLN,LAYANI RAKYAT DGN NURANI YANG JERNIH,tahu kan maksudku,alias jangan di k.....AMIN

EDI MARTONO
Listrik Pra Bayar sebaiknya di peruntukan pelanggan yang sering nunggak berbulan2 biar tidak bikin pusing PLN

Saya sebagai petugas cater lebih dari 10 th dan pernah di usulkan menjadi teladan. Listrik Pra bayar menghantui saya dan rekan cater, saya dan rekan rekan amat takut di berhentikan. Sebab, istri, anak, kontrak rumah dll menggantungkan upah dari cater. Apa begini nasib cater se Indonesia yang semuanya bisa puluhan ribu, akan diberhentikan dan diganti dengan mesin. Ini tidak adil, pengangguran masih banyak kok di rubah ke mesin. Pencata meter upahnya sangat kecil dibandingkan PLN, tapi malah jadi korban. Dhuh Gusti........

Mohon pembelian Tokennya diperluas Lagi. Biar pelanggan senang PLN pun Tenang.Maju Terus PLN.aqkan dukung selalu PLN.

Kasiyaaati
Kang Sadi jangan pesimis begitu dong, dengan adanya listrik prabayar bukan berarti kiamat, nanti kan ada solusi yang baik, buat teman-2 cater asal punya etika kerja dan motivasi bagus, Allah SWT akan memberikan jalan terbaik.Kerjakan yang terbaik apa pekerjaan Kangsadi, masih banyak jalan untuk orang-2 yang baik.Doakan pemimpin -2 kita agar menjaga amanah,pada jabatannya.Bilamana manusia bisa menjaga amanah dimuka bumi Allah akan melimpahkan berkah yang tidak disangka dari langit dan dari bumi.Dengan Listrik PRABAYAR PELANGGAN AKAN BISA MENYESUAIKAN ANATARA DANA DAN NAFSUNYA.Semoga kebahagian akan kita raih BERSAMA.amin

orang bawah ngikut aj

perpindahan dari pasca bayar ke prabayar apa masih dikenakan biaya ya ?????

mohon informasi untuk bisa kerja sama sebagai agen token listrik prabayar, berikut persyaratan yg hrs dipenuhi...kirimkan ke wixxcustom@yahoo.com...makasih

Bagi sy Pasca or Prabayar sama saja yang penting tarif R1 RumahTangga dan R1 MultiGuna harap disamakan selesihnya 45%.Mohon perhatiannya.
Hidup PLN!!!

Hubungi saya keterangan ada di web bagi anda yang ingin buka loket token PLN dan PPOB

untuk penggantian dari pascabayar ke prabayar itu bagaimana caranya dan apa ada biaya untuk penggantian??

Mohon untuk pemasangan pascabayar ke prabayar sebaiknya di sosialisasikan terlebih dahulu, karena masih banyak yang belum tahu cara penggunaannya, apalagi dengan prabayar yang baru, merk HEXING dan CONLOG sangat mempersulit pelanggan, terlebih bila tegangan PLN drop/turun. trims

Setuju prabayar semua. Tapi tarif yang realistis dong. Masak prabayar harga kWhnya 2 x lipat pasca bayar. Sudah bayar duluan, lebeih mahal lagi. Gak masuk akaal.............

mbah paijo
pra bayar non beban lumyannnnnn......... tp saya ganti dah lamaaaa 2 1.5 bulan belum juga ganti

Hoirul huda
Sabar ya kangsadi, kan bisa kerja sama dengan loket PPob.ntah gimana caranya ke' pasti disitu ada jalan.

Untuk persaratan migrasi serta biaya2 untuk berlangganan listrik prabayar gimana pak?? mohon kirim ke email saya di agusa_com@yahoo.co.id soalnya nyari2 disini gak ada.
Serta. tarif.2nya apa sama seperti yang paska bayar??
terimakasih

Arief wijyanto
ingin buka usaha loket pembayaran online,PLN+TOKEN,TELKOM,PULSA,FINANCE,TIKET PESAWAT DLL....gampaaaaang banget......kami solusinya....hub. 081330255602

Semoga perusahaan listrik tidak hanya PLN, karena bila ada lebih dari 1 perusahaan listrik, PLN tidak bisa memonopoli dan akan timbul persaingan untuk lebih baik untuk memperebutkan pelanggan. sehingga yang diuntungkan masyarakat juga..

devi soraya
listrik prabayar sih enak bisa ngirit tapi di wil rungkut penjualan token msh terbatas mana kalo hari minggu pada tutup ...solusi.. solusi.. dunk..

joko lelono
saya ingin menjadi agen token listrik prabayar, kemana ya? dan caranya gimana ?

kebijakan tersebut sangat menylitkan masyarakat karena masyarakat indonesia kalangan masyarakat menengah kebawah,ini sanagat merugikan pelanggan karena bila pulsa abis listrik akan padam.saya menolak kebijakan KWH PRA BAYAR....!

tinggalkankomentar anda

Very happy Smile Sad Surprised Shocked Confused Cool Laughing Mad Razz Embarrased Crying or very sad Winking
Exclamation Question Idea






Info Tagihan Listrik
Masukkan IDPEL anda
12 Digit (misal : 511010112345)
   
PT PLN (Persero)
Distribusi Jawa Timur
Jl. Embong Trengguli
No. 19 - 21
Surabaya - Indonesia
LIHAT PETA · ALAMAT AREA
 
Copyright @2009 PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR. All Rights Reserved. Original Design by template world